Tips Penting Membeli Komputer Baru Sesuai Budget


komputer notebook
Artikel ini dibuat untuk membantu memberikan pertimbangan bagi Anda yang ingin membeli komputer baru. Semoga dengan adanya artikel ini, bisa membantu dan berguna bagi Anda.. Salam kenal, dan selamat membaca..
 
1) Faktor Fitur
Komputer lama kurang sesuai dengan spesifikasi tuntutan sekarang. Misalnya bagi Anda yang berkecimpung dibidang animasi dan desain grafis, investasi komputer yang mumpuni merupakan sebuah kebutuhan yang tidak dapat dihindarkan. Oleh karena itulah, bidang-bidang tersebut menuntut high spesifikasi tinggi. Rentang harga mulai dari Rp 10 juta keatas.

2) Survei Dahulu
Sebelum membeli komputer baru, ada baiknya jika Anda melakukan survei dahulu. Untuk perbandingan harga antar toko dan mengenai masalah garansi. Tentu Anda tidak ingin membeli barang, ibarat kucing dalam karung. Bersabar dan teliti lebih baik daripada terburu-buru. Anda bisa bebas memilih komputer terbaik dengan harga sesuai dengan dompet Anda.

3) Faktor Kebutuhan
Kenali apakah Anda lebih butuh komputer desktop (PC rumahan) atau notebook. Jika tipe pekerjaan Anda mesti setiap saat bersentuhan dengan komputer dimanapun dan kapanpun, pilihan mobilitas bisa dijatuhkan pada laptop dan netbook.

4) Teliti Sebelum Membeli
Kenali processor, harddisk, ram, drive, dan sebagainya yang akan Anda beli. Fitur dan kemampuan komputer tersebut untuk kenyamanan dan kemudahan Anda sendiri

Harddisk: Belilah harddisk dengan merek dan kapasitas setinggi mungkin yang mampu Anda beli yang memiliki kecepatan & reputasi baik.

Processor: Kecepatan processor yang tinggi dapat dijadikan patokan dalam membeli komputer. Jika mempunyai budget berlebih, Anda bisa mempertimbangkan prosessor yang memiliki teknologi dan generasi processor terkini.

RAM: Kekurangan RAM dapat benar-benar memperlambat sistem Anda. Pilihlah  Motherboard yang mendukung system upgrade RAM.. Untuk Windows 7, sebaiknya RAM diatas 1,5 GB untuk kecepatan akses software yang ada pada komputer tersebut

Drive: Kebanyakan komputer saat ini sudah memiliki drive DVDRW. Netbook dan beberapa model notebook terkadang tidak dilengkapi dengan DVDRW untuk mengurangi jumlah berat tersebut. Jika Anda memerlukannya, Anda bisa membeli DVDRW external. Perkembangan teknologi media Flash (Flashdisk, SecureDigital Cards, External Harddik) saat ini, DVDRW praktis sangat jarang digunakan..

Ukuran: Ukuran sangat penting untuk notebook/laptop. Ukuran menjadi sangat penting jika Anda berencana untuk sering membawa notebook/laptop Anda di jalan. Berat harus menjadi faktor utama, ketika berat notebook/laptop turun, ukuran layar dan keyboard juga akan turun.

Ports: Secara umum, semakin banyak port semakin baik. Port USB digunakan meningkatkan sistem anda dengan harddrive eksternal, flashdisk, modem/router, joystick untuk game, sambungan ke printer, scanner, dll. Port VGA/RGB/S-Video out digunakan sebagai sambungan ke projector untuk presentasi. Port Mic dan Headphone digunakan untuk voice chat dan mendengarkan musik. Port LAN untuk menghubungkan laptop ke jaringan komputer.

5) Jangan Malas Bertanya
Tanyakan detail mengenai layanan toko mereka, lama garansi, catat alamat dan nomor telepon toko tersebut.

Related Posts:

1 Response to "Tips Penting Membeli Komputer Baru Sesuai Budget"

  1. terima kasih atas informasi yang bermanfaat ini, hampir satu jam saya ada disini maklum disini banyak info yang menarik, nanti bila ada waktu saya akan kembali mengunjungi blog anda lagi :D



    #Semoga Sehat Selalu :)

    ReplyDelete

Bagi Anda yang ingin berkomentar tapi tidak memiliki id Google, WordPress, LiveJournal, AIM, TypePad, atau Open ID… Maka Anda bisa menggunakan pilihan Anonymous atau Name/Url..

Komentar Anda sangat berguna bagi perkembangan dan kemajuan blog ini... Oleh karena itu, jangan ragu-ragu, silakan berkomentar.. Salam Blogger..